Plus Dan Minus Kegiatan Bersepeda

bersepeda
Bersepeda merupakan salah kegiatan olahraga yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat luas, hampir setiap hari kita bisa orang sedang melakukan kegiatan bersepeda terutama jika kita tinggal di daerah pedesaan.

Sepeda sendiri ditemukan pertama kalinya di benua Eropa sekitar akhir abad ke 18, setelah itu mulai merambah sampai ke Amerika Serikat dan sekarang hampir ke seluruh dunia.

Kegiatan bersepeda sendiri menjadi salah satu bentuk olahraga yang paling murah dan bisa memberikan banyak kegunaan untuk tubuh. Sekarang mari kita bahas satu-persatu apa saja manfaat dan efek samping bersepeda untuk kesehatan?

Manfaat Bersepeda
sepeda

1. Kegiatan bersepeda bisa membantu membentuk tubuh. Ketika kita melakukan kegiatan bersepeda, gerakan berulang-ulang yang kita lakukan bisa membentuk, menguatkan dan juga mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak yang ada di daerah ini akan terkikis dan berganti oleh otot.

2. Kegiatan bersepeda bisa membantu kita dalam proses melancarkan sirkulasi darah yang berfungi untuk mengirimkan oksigen serta nutrisi lainnya ke semua otot seluruh tubuh.

3. Kegiatan bersepeda juga bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap beberapa macam penyakit seperti diabetes karena gerakan-gerakan yang kita lakukan bisa membantu menurunkan berat badan dan juga menghindari tekanan darah tinggi.

4. Melakukan kegiatan bersepeda secara rutin sangat baik untuk kesehatan jantung, olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Efek Samping Bersepeda
jatuh

1. Kegiatan bersepeda sangat tidak disarankan untuk orang-orang yang sedang memiliki masalah dengan sendi serta nyeri rematik.

2. Bersepeda diketahui bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki, berdasarkan penelitian diketahui bahwa kegiatan bersepeda yang terlalu lama secara terus menerusu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.

3. Jika gemar bersepeda dengan memakai sepeda gunung (moutain bike/mtb) maka cenderung memiliki risiko untuk mengalami masalah atau cedera tulang punggung, karena penggunaan mtb umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi serta jalur yang ekstrim.

4. Ada beberapa kasus orang yang terkena kesemutan penis karena adanya iritasi pada batang penis sebab menggunakan sadel yang terlalu lama dan diikuti dengan suhu panas di sekitar penis ketika sedang mengayuh sepeda.

This entry was posted in Sepeda and tagged , , , . Bookmark the permalink.