Liburan Tak Terlupakan Dengan Wisata Sepeda Di Belanda

sepeda-belandaBelanda merupakan negara peringkat nomor satu di dunia sebagai negara yang paling ramah untuk pengguna sepeda.

Dengan kondisi permukaan tanah yang datar, jarak yang dekat, iklim yang sejuk, serta infrastruktur yang sangat baik, wajar saja jika bersepeda menjadi kegiatan yang sangat populer di Belanda.

Bersepeda di Belanda adalah kegiatan yang sangat aman dan mudah, selain itu kita bisa menikmati keindahan kota dengan santai. Dengan jalur sepeda sepanjang lebih dari 32.000 kilometer, kita dapat pergi kemanapun kita mau. Selain itu, pemerintah Belanda juga telah membuat jaringan rute sepeda sepanjang lebih dari 30.000 kilometer.

sepeda-belanda
Penunjuk arah khusus untuk para pengendara sepeda juga telah disediakan dengan sangat baik, untuk memungkinkan agar para pengguna sepeda tidak tersendat.

Masyarakat Belanda sudah terbiasa dengan kehadiran para pengendara sepeda di jalan raya sehingga mereka juga sangat menghargai partisipasi dalam berlalu lintas.

Mungkin bersepeda adalah cara yang paling tepat untuk menikmati keindahan Belanda. Dengan bersepeda kita bisa berkeliling kota Den Haag atau Amsterdam dengan santai, melalui daerah kincir angin-kincir angin yang paling indah di dunia.

Tempat persewaan sepeda tersedia di berbagai tempat, termasuk di sekitar stasiun kereta api besar, di pusat kota, dan bahkan di tempat Anda menginap juga disediakan tempat persewaan sepeda.
sepeda-belanda
Berkeliling kota dengan menggunakan sepeda selama liburan Anda ke kota Amsterdam akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan Anda lupakan!

Kita bisa melalui jalur yang paling indah untuk mengelilingi kota Amsterdam, melintasi sepanjang kanal yang mempesona, menyeberangi Dam Square yang terkenal, serta melewati Rijksmuseum yang megah.
sepeda-belanda-2
Jika anda suka dengan kegiatan bersepeda dan ingin menikmati keindahan Belanda santai, maka wisata sepeda akan sangat cocok bagi Anda.

Biasanya, liburan ini dilengkapi dengan fasilitas penuh, seperti akomodasi, transportasi bagasi dan jika diperlukan, akan ada tambahan fasilitas penyewaan sepeda.

Anda akan merasakan pengalaman yang tidak terlupakan saat menyusuri pantai-pantai di Belanda, melewati pemandangan alam Belanda dan melewati tempat-tempat terkenal yang ada di Belanda. Pertimbangkanlah kemungkinan ini dan segera pesan wisata sepeda Anda di Belanda!

Posted in Sepeda | Tagged , , , | Comments Off on Liburan Tak Terlupakan Dengan Wisata Sepeda Di Belanda

Jenis-jenis Sepeda Menurut Kebutuhan Pemakai

sepedaBermunculnya kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil, tidak menurunkan pamor sepeda. Selain bisa digunakan sebagai alat transportasi, sepeda juga bisa dipakai untuk kegiatan berolahraga sampai alat pemersatu komunitas.

Nah, untuk yang sedang mencari sepeda sebaiknya kenali jenis sepeda yang sesuai untuk kebutuhan. Sekarang ini sepeda memang memilik banyak jenis. Jika tidak ingin salah membeli sepeda, sebaiknya pahami dahulu jenis-jenis sepeda yang banyak tersedia di pasaran.

City Bike

City Bike

Jenis sepeda ini dirancang untuk dipakai di perkotaan. Jalan yang mulus, tidak banyak lubang sehingga cocok digunakan untuk pengguna yang ingin ke kantor, ke kampus, atau sekadar berkeliling komplek. Jenis sepeda ini lebih cocok digunakan untuk menyusuri perkotaan sehingga tidak didukung suspense maka sangat tidak disarankan untuk medan yang rentan dengan benturan. Ada tiga jenis dari city bike, yakni folding bike, sepeda hybrid, serta sepeda tandem.

Mountain Bike
mtb
Mountain Bike atau MTB berfungsi untuk medan ringan hingga berat. Seperti jalanan yang rusak hingga medan pegunungan yang medannya terjal dan berbatu, menjadikan MTB menjadi jenis sepeda yang lebih banyak peminatnya dibandingkan jenis sepeda lainnya. Ada dua jenis dari MTB, yakni Cross-Country dan Downhill.

BMX
bmx
Boleh dikatakan sepeda BMX merupakan jenis sepeda yang punya peminat khusus, dan bahkan ada komunitasnya. Kebanyakan dari pemilik sepeda BMX ini memilih sepeda jenis ini untuk freestyle atau atraksi khusus.

Road Bike
road-bike
Jenis sepeda ini dirancang untuk mengarungi jalanan beraspal dan keperluan balapan. Ciri fisiknya adalah ban yang tipis agar dapat mencapai kecepatan maksimal ketika digunakan di jalanan beraspal mulus.

Fixie
fixie-bike
Beberapa tahun yang lalu, kita sering menjumpai banyak sepeda fixie di pinggir jalan yang mayoritas dikayuh oleh anak muda dengan warna yang “ngejreng”. Sepeda fixie sendiri beratnya cukup ringan, memiliki ban yang cukup tipis. Jika dikayuh maju maka sepeda akan bergerak maju. Jika dikayuh ke belakang, sepeda akan bergerak mundur. Untuk mengerem, pengguna hanya perlu menekan pada pedalnya

Posted in Sepeda | Tagged , , , | Comments Off on Jenis-jenis Sepeda Menurut Kebutuhan Pemakai

Sempat Malas, Sekarang Wanita Ini Kecanduan Bersepeda

wanita-sepeda
Mulanya tidak suka, lama-lama jadi kecanduan. Itulah pengalaman yang sekarang dialami perempuan cantik ini mengenai awal kesukaan dan kecintaannya dengan olahraga bersepeda.

Adalah Helen Tan, wanita cantik dan enerjik yang sekarang menggandrungi. Helen pun bertutur tentang pengalamannya pertama kali berkecimpung di dunia bersepeda.

“Dulu awalnya saya enggak suka gowes. Jadi, kalau diajak gowes saya selalu bikin alasan buat menolaknya, panaslah, polusilah, atau nggak sempatlah. Tapi sejak saya dapat latihan yang bener, saya jadi kecanduan sama olahraga ini. Kalau sekarang sehari aja gak gowes, rasanya ada yang kurang,” kata Helen Tan.
helen-tan
Helen mulai rajin olahraga bersepeda sejak dua tahun lalu. Namun, dia semakin aktif menekuninya satu tahun lalu sejak bergabung dengan Women Cycling Community.

Semenjak terlibat di komunitas, Helen sepertinya makin serius menekuni olahraga bersepeda. Dia pun secara khusus berlatih bersama seorang instruktur dengan program yang sudah terstruktur.

Hal itu lah yang membuat Helen mengikuti Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia yang diselenggarakan di Lombok, pada hari Minggu, 2 Oktober 2016 silam.

“Untung saya udah latihan dulu, kalau nggak latihan dulu, saya rasa akan sulit. Mungkin finis, tapi pasti berat banget. Rutenya sangat berat. Saya pernah ikut di Gran Fondo lainnya yang juga berat, tapi yang ini lebih berat,” ujar karyawan swasta bidang alat kesehatan ini.

Ucapan Helen ini seperti mengisyaratkan tentang situasi dan kondisi balapan di GFNY Indonesia yang baru saja diikutinya.
Si bungsu dari tiga bersaudara ini pun sangat mengapresiasi kegiatan olahraga sepeda yang juga sekaligus dikemas dalam kegiatan kepariwisataan, seperti Gran Fondo ini.

Posted in Sepeda | Tagged , , | Comments Off on Sempat Malas, Sekarang Wanita Ini Kecanduan Bersepeda

Polandia Buat Jalur Khusus Bersepeda Yang Unik

polandia-glow-in-the-darkUntuk Anda yang menggemari olahraga bersepeda, Polandia mungkin harus anda masukan dalam daftar tujuan wisata anda. Di kota Lidzbark Warminski, disediakan jalur bersepeda yang bisa menyala dalam gelap. Keren bukan!

Melakukan kegiatan pada malam hari memang tidak selalu mudah. Selain langit yang sudah gelap, kadang traveler juga kesulitan saat melihat suasana di sekitar. Menyadari hal tersebut, sebuah terobosan brilian pun dibuat oleh perusahaan TPA Instytut Badan Technicznych Sp. z o.o. di Polandia.

Perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi tersebut belum lama ini membuat sebuah jalur sepeda yang bisa menyala dalam gelap di sebuah taman dekat kota Lidzbark Warminski di bagian Utara Polandia.
glowing-blue-bike-lane-tpa-instytut-badan-technicznych-poland-4
Secara teknis, pihak TPA membuat sebuah material khusus untuk aspal yang bisa menyerap sinar matahari kemudian akan menyala saat malam hari. Seperti yang dituturkan oleh Bos TPA, Igor Ruttmar bahwa material yang digunakan mampu menghasilkan cahaya untuk lebih dari 10 jam.

Menjelang malam, traveler yang melewati jalur taman tersebut pasti akan terpana dengan keindahan jalur sepeda yang menyala dengan warna biru. Kabarnya warna biru dipilih oleh para peneliti karena dianggap paling sesuai dengan bentuk taman.

Kabarnya inspirasi tersebut diperoleh pihak TPA dari jalur sepeda bertenaga matahari di India yang dikenal sebagai jalur sepeda Starry Night. Pihak kontraktor pun sedang berusaha memangkas biaya produksi untuk membuat jalur yang lebih panjang.

Para pecinta olahraga bersepeda pun bisa menjadikan Polandia untuk tujuan wisata mereka. Mungkin alangkah baiknya di Indonesia juga dibuat jalur khusus bersepeda seperti itu.

Posted in Sepeda | Tagged , | Comments Off on Polandia Buat Jalur Khusus Bersepeda Yang Unik

Plus Dan Minus Kegiatan Bersepeda

bersepeda
Bersepeda merupakan salah kegiatan olahraga yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat luas, hampir setiap hari kita bisa orang sedang melakukan kegiatan bersepeda terutama jika kita tinggal di daerah pedesaan.

Sepeda sendiri ditemukan pertama kalinya di benua Eropa sekitar akhir abad ke 18, setelah itu mulai merambah sampai ke Amerika Serikat dan sekarang hampir ke seluruh dunia.

Kegiatan bersepeda sendiri menjadi salah satu bentuk olahraga yang paling murah dan bisa memberikan banyak kegunaan untuk tubuh. Sekarang mari kita bahas satu-persatu apa saja manfaat dan efek samping bersepeda untuk kesehatan?

Manfaat Bersepeda
sepeda

1. Kegiatan bersepeda bisa membantu membentuk tubuh. Ketika kita melakukan kegiatan bersepeda, gerakan berulang-ulang yang kita lakukan bisa membentuk, menguatkan dan juga mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak yang ada di daerah ini akan terkikis dan berganti oleh otot.

2. Kegiatan bersepeda bisa membantu kita dalam proses melancarkan sirkulasi darah yang berfungi untuk mengirimkan oksigen serta nutrisi lainnya ke semua otot seluruh tubuh.

3. Kegiatan bersepeda juga bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap beberapa macam penyakit seperti diabetes karena gerakan-gerakan yang kita lakukan bisa membantu menurunkan berat badan dan juga menghindari tekanan darah tinggi.

4. Melakukan kegiatan bersepeda secara rutin sangat baik untuk kesehatan jantung, olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Efek Samping Bersepeda
jatuh

1. Kegiatan bersepeda sangat tidak disarankan untuk orang-orang yang sedang memiliki masalah dengan sendi serta nyeri rematik.

2. Bersepeda diketahui bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki, berdasarkan penelitian diketahui bahwa kegiatan bersepeda yang terlalu lama secara terus menerusu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.

3. Jika gemar bersepeda dengan memakai sepeda gunung (moutain bike/mtb) maka cenderung memiliki risiko untuk mengalami masalah atau cedera tulang punggung, karena penggunaan mtb umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi serta jalur yang ekstrim.

4. Ada beberapa kasus orang yang terkena kesemutan penis karena adanya iritasi pada batang penis sebab menggunakan sadel yang terlalu lama dan diikuti dengan suhu panas di sekitar penis ketika sedang mengayuh sepeda.

Posted in Sepeda | Tagged , , , | Comments Off on Plus Dan Minus Kegiatan Bersepeda